Posted on

Pengertian Mesin Gerinda

Mesin gerinda yaitu sebuah alat untuk melakukan pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan pada sebuah benda kerja sehingga menghasilkan permukaan yang halus dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Sebagai salah satu jenis mesin perkakas dengan mata potong jamak, mata potong pada mesin gerinda memiliki jumlah yang sangat banyak yang digunakan untuk mengasah/memotong benda kerja dengan tujuan tertentu.

Fungsi Utama Mesin Gerinda

1. Memotong benda kerja sehingga ketebalanya menjadi relatif tidak tebal.
2. Mengikis dengan tujuan untuk meratakan dan menghaluskan permukaan benda kerja.
3. Melakukan pekerjaan finishing pada benda kerja.
4. Mengasah alat potong agar tajam.
5. Mengikis untuk menghilangkan sisi tajam pada benda kerja.
6. Membentuk suatu profil pada benda kerja (baik itu elips, bulat, siku dan lain-lain )
Jenis-Jenis Mesin Gerinda1. Mesin Gerinda Permukaan (Surface Grinding)

gerinda

Yaitu jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda atau menghaluskan permukaan rata untuk memperoleh hasil permukaan yang datar, halus dan rata. Mesin ini pada umumnya di gunakan untuk menggerinda permukaan yang meja mesinnya bergerak secara horizontal bolak-balik dengan pengoperasiannya yang dapat dilakukan baik secara manual maupun otomatis.

Pencekaman pada benda kerja yaitu dengan cara diikat pada kotak meja magnetik. Meja pada mesin gerinda permukaan ini dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis dan dapat diatur di bagian tuasnya. Hasil dari pengerjaan mesin gerinda permukaan diantaranya yaitu : Parallel block, Bed Mesin, Jangka Sorong dan lain-lain.

Berdasarkan sumbunya, mesin gerinda permukaan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

• Mesin gerinda permukaan horizontal dengan gerakan meja bolak-balik. Jenis mesin ini digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut.

• Mesin gerinda permukaan horizontal dengan gerakan meja berputar. Mesin ini digunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.

• Mesin gerinda permukaan vertikal dengan gerakan meja bolak-balik. Mesin jenis ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan yang rata, lebar serta menyudut.

• Mesin gerinda tangan permukaan vertikal dengan meja berputar. Mesin ini memiliki fungsi yang sama dengan mesin gerinda datar horizontal meja bolak-balik, yaitu digunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.

 

Baca Juga : Mesin Las

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *